December 30, 2011

Umur Contact Lens Hanya 6 Jam


Ghiboo.com - ​Contact lens kini memang sedang naik daun. Alternatif pengganti kacamata ini memang lebih praktis untuk membantu penglihatan Anda. Tak hanya itu, contact lens juga membuat Anda terlihat lebih trendi.

Dibalik pesona contact lens, banyak para pengguna yang tidak memahami risiko yang mengancam, seperti batas waktu maksimum dari penggunaan contact lensdalam sehari.

Seperti yang dilansir melalui megicmedic, menurut sebuah survei, sekitar 90 persen pengguna contact lens di Inggris memakai contact lens lebih dari 7 jam per hari. Bahkan diantaranya banyak yang lupa untuk melepaskan contact lens-nya saat tidur.

Dr Keiki Mehta, ahli bedah mata asal India, mengungkapkan bahwa idealnya menggunakancontact lens tidak boleh lebih dari 6 jam setiap hari. Bila Anda masih membutuhkannya, sebaiknnya Anda melepaskannya terlebih dahulu, cuci dan rehydrate selama 20 menit, kemudian barulah menggunakannya lagi.

Penggunaan contact lens yang melebihi batas waktu penggunaan per harinya akan memicu gejala kekurangan oksigen pada mata, seperti mata gatal, merah dan berair. Hal ini tidak boleh dianggap remeh, karena membiarkan mata dengan kurangnya oksigen dapat menyebabkan pembengkakan kornea dan memperburuk gangguan penglihatan.

Perlu diperhatikan juga saat memakai contact lens, Anda harus menghindari daerah berdebu dan berasap guna mencegah iritasi. Jangan biarkan benda asing seperti pasir atau kotoran kecil mengenai mata Anda. Menggosok mata juga dapat menyebabkan iritasi kornea dan menyebabkan infeksi.

Jangan biarkan kesehatan mata Anda dipertaruhkan. Perhatikan rekomendasi dan pembatasan tentang contact lens sebelum memakai mereka.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review